Wednesday, December 27, 2006

Internet Sekarat?

Hari ini seharian emang susah banget untuk berinternet. Ke mana2 selalu lelet atau jadinya gak nyambung. Sudah agak sore nih baru bisa nyambung meskipun leletnya masih tetep.
Ini saya forward dari teman yang isinya sbb:

Taiwan Gempa, Internet Indonesia Sekarat

Gempa 7,1 SR yang mengguncang Taiwan, Selasa (26/12/2006), berdampak pada putusnya link internasional internet Indonesia. Koneksi jadi byar pet.

Sylvia Sumarlin, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan, gempa yang mengguncang Taiwan menyebabkan putusnya backbone fiber optik yang melewati Taiwan. Akibatnya, link internasional yang disediakan ISP (internet service provider) di Indonesia dan ISP-ISP di semua negara di Asia Pasifik, putus. Demikian halnya dengan Indonesia Internet eXchange (IIX).

"Semua ISP di Indonesia memakai fiber optik sebagai backbone utamanya, dan memanfaatkan satelit sebagai back up. Dengan adanya kejadian ini, semua saluran internasional tersendat sekarang," papar Sylvia saat dihubungi detikINET, Rabu (27/12/2006).

Saat ini, kata Sylvia, para ISP tengah mengusahakan koneksi ke penyedia saluran alternatif melalui satelit. Namun langkah alternatif ini diakuinya kurang optimal, mengingat kapasitas yang disediakan satelit tidak sebesar yang disedikan fiber optik.

Selain itu usaha memindahkan saluran ke satelit diakui Sylvia tidaklah mudah. "Prosesnya tidak gampang, karena sekarang trafiknya antri. Kalau dipindah mendadak, e-mail dan data bisa lost," paparnya.

Sylvia menekankan saat ini yang terganggu hanya link internasional, dan menegaskan bahwa link domestik masih berfungsi normal dan dalam kondisi baik.

"Jadi kalau mau kirim-kiriman e-mail ke teman yang internetnya sama-sama memakai ISP lokal masih bisa," ujarnya.

by detiknet.com

12 comments:

Anna Vanjava said...

sabar mbak, ntar jg balik lagi

Loesy Balqiah said...

emang enak nggak ada internet :-p, ih kadang-2 aku jd mikir, apa kita-2 udah kecanduan main internet yach?? sing sabar yo Mbak e:-)

poppie trisnaniah said...

Iya...kayaknya hari ini udah mendingan.....
Saya rasa kesepian kalo gak ada internet. I love my internet because my friends are there.....

poppie trisnaniah said...

Hampir tiap hari saya chatting sama anak saya yang di Melbourne kadang pakai web camera, sehingga saya tidak merasa terlalu berjauhan. Obat kangen!! Begitupun yang di Jakarta, meskipun dekat tapi kalau perlu2 internet ini membantu juga lho!

Lusi Safriani said...

Iya Bu,... saya yg di Jepang jadi ketinggalan berita and gosip nih, detik.com ama republika gak bisa dibuka tuh... Mudah-2an hari ini dah normal lagi.

poppie trisnaniah said...

Pagi tadi udah ada beritanya di surat kabar Kompas. Katanya sih butuh waktu 2 minggu untuk perbaikan.

Lenny Adziman said...

iya bu poppie.. kemaren sy mau telp mamah di bandung.. meni susah masuk.. krn jaringan internet nya ga lancar.. mudah2an sebentar lagi normal ya..

poppie trisnaniah said...

Mudah2an....! Soalnya sekarang ngisi reply ini aja lamanya bukan main!!!

hernik widowati said...

O.. itu to sebabnya, kupikir komputerku yang udah mulai lemot... hi..hi..hi..sampai tak re-start berulang kali, habis nyambung internet luamaaaa.....bianget !!!
Thanks for your info...

poppie trisnaniah said...

You're welcome.....

belly pancasakti said...

saya sakau Bu kalau smp 2 harii aja nggak buka inet..:P. untungnya bisa nebeng jatah suami pake line perush di rumah, meskipun baru kebagian jatahnya malam. lumayan..

poppie trisnaniah said...

Uaha ha ha udah segitunya???